Sleep Paralysis Atau Tindihan

Mahendra Reply 6:33 AM
Sleep Paralysis Atau Tindihan
Sleep Paralysis adalah keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan berteriak atau badan tak bisa bergerak, hal ini disebabkan karena kurang tidur.

Tidur yang normal dibagi menjadi 4 tahap berdasarkan gelombang otak. Tahap ke-1 yaitu tahap yang paling ringan dimana kesadaran masih ada meskipun tersisa setengahnya. Tahap ke-2 yaitu tahap tidur yang lebih dalam dari tahap yang pertama. Tahap ke-3 adalah tidur yang paling dalam biasanya sudah sulit dibangunkan. Dan tahap terakhir adalah tahap REM (Rapid Eye Movement) dimana pada tahap ini biasanya terjadi mimpi.

Pada sleep paralysis atau tindihan gangguan tidur terjadi pada tahap REM ini. Intinya begini seharusnya tidur mengikuti tahapan normal diatas berdasarkan gelombang otak, disini gelombang otak tidak bekerja sesuai tahapan tersebut. Jadi dari tahap 1 (tidur ringan) langsung masuk ke tahap REM dan ketika terbangun mendadak, tubuh belum siap karena waktu tidur tadi tahapannya terlewati jadi tubuh perlu waktu untuk bangun, sedangkan otak terbangun mendadak, itulah yang terjadi saat tindihan atau sleep paralysis timbul, sudah sadar dari tidur tapi badan tidak bisa bergerak ditambah dengan adanya halusinasi yang makin memperburuk keadaan.

Related Posts

Fakta 7198159818028212470

Post a Comment

Search

Follow us

Popular Posts